Pertemuan 4 E-Bussines
Strategi Dalam e-Business
Strategi bisnis adalah Penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut. (MIT Press, Cambridge, Ma.) Strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan didalam bisnisnya. Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akuisisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengurangan bisnis, likuidasi, dan joint venture.
Tingkatan strategi dibagi menjadi :
Tingkat Korporasi Strategi perusahaan yang memiliki saham(ownership) beberapa perusahaan lain.
Tingkat Multi Divisi Merupakan strategi yang terjadi pada tingkat divisi atau unit bisnis dan merupakan strategi yang menekankan pada perbaikan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu.
Tingkat Fungsional Optimalisasi produktivitas sumber daya dalam memberikan nilai(value)terbaik untuk kebutuhan pelanggan(customers)Tingkat Operasional Merupakan strategi yang menjalankan implementasi dari operasional-operasional perusahaan.Manajemen strategi merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran didalam suatu organisasi, untuk mencapai tujuan.
Karakter Manajemen strategi :
Berorientasi masa depan Berhubungan dengan unit bisnis yang kompleks Kebutuhan dan kejelasan tugas sangat tinggi seiring perubahan yang terjadi, kadang batasbatas tugas mejadi tidak jelas Proses yang dijalankan tidak terpisah dari aktivitas manajerial lainnya Ada target waktu yang jelas Memerlukan perhatian khusus pada manajemen puncak
Manfaat Manajemen strategi :
Pemahaman yang lebih jelas atas visi strategis perusahaan.Fokus yang lebih tajam terhadap apa yang secara strategis memang penting.Pemahaman yang lebih baik terhadap perubahan lingkungan perusahaan yang lebih cepat.Faktor yang perlu diperhatikan oleh manajemen puncak dalam merumuskan strategi :
Menentukan visi dan misi Mengembangkan profile perusahaan Pengenalan produk Analisis kekuatan Mengidentifikasi beberapa pilihan Memilih pilihan yang tepat Sasaran jangka panjang Memperhatikan pentingnya operasionalisasi Sumber daya manusia Teknologi Bentuk, tipe, dan struktur organisasi Menciptakan suatu sistem pengawasan Penilaian terhadap sistem Menciptakan umpan balik SWOT.
Comments
Post a Comment